RSS

Wisuda, adalah awal. Bukan akhir!

29 Feb

Depok hari itu, seakan menjelma menjadi kota bahagia. Senyum bahagia tersebar merekah, ucapan selamat dan bingkisan bunga ikut mengiringi, wajah-wajah bahagia terekam baik oleh lensa-lensa kamera. Para orang tua ada yang menitikkan air mata haru dan bahagia di ujung matanya, menyaksikan sang anak kini telah meraih sebuah gelar baru di belakang nama mereka, dalam hatinya mungkin terbesit, selesai juga perjuangannya mencari nafkah untuk membiayai pendidikan si anak.

Ya, Para pejuang ilmu yang telah bergelut kurang lebih empat hingga enam tahun, kini mengenakan baju kebanggannya, toga. Sebagai symbol sebuah kelulusan dan keberhasilan. Meski aku tak bisa ikut serta d isana karena sebuah kegiatan yang mengharuskan aku untuk pergi ke luar negeri, namun aku bisa melihatnya dari foto-foto yang terpajang di album facebook teman-teman, betapa meriahnya hari itu. wajah-wajah yang cantik, bingkisan bunga yang indah, senyum orang tua yang mereka, hari wisuda memang menjadi hari kebahagiaan yang selalu dinanti oleh para mahasiswa.

Tak menyangka juga, ketika aku membuka website, ada sebuah pesan singkat yang menyadarkan dan membuat bibirku tersenyum cukup lama: Dear ukhti Oki…Setiap akhir adalah awal permulaan yang baru.Selamat datang di dunia pasca kampus.Semoga ilmunya berkah,semakin Allah tambahkan pula jalan2 keluasan ilmu. Happy Gradution my lovely sista .Kau tahu,Allah menciptakanmu begitu istimewa. Selamat menikmati apa yang disebut “Indah pada Waktunya”.Semoga berkah segala perjuangan yang telah terlewati dan bersiap untuk perjuangan selanjutnya.Barakillah,semoga menjadi sarjana yang penuh manfaat. Terus berkarya!Terus ukir prestasimu.Sukses dunia akhirat… :)

Eh? Happy graduation..? aku.. sudah menjadi sarjana sekarang? Oki Setiana Dewi,S.Hum ? hmm.. okay! Agak aneh memang, mendadak ada beberapa huruf yang ikut memanjangkan nama, tapi bagaimanapun itulah hasil dari perjuanganku 4, 5 tahun kemarin. Agak terlambat memang, karena aku sempat mengambil cuti untuk shooting Ketika Cinta Bertasbih di Mesir 2008 silam. Namun aku begitu bersyukur, bahwa aku bisa menyelesaikannya… di tengah perjalanan kuliahku yang terkadang terseok-seok. Seringkali di kala rasa kantuk yang begitu mendera, karena shooting yang baru usai pukul 5 subuh, kupaksakan diriku di pagi hari untuk berkata, “Ayo Oki! Berangkat kuliah!” dan seringkali aku mencubit lenganku sendiri atau meminta teman mencubitku agar aku tidak tertidur di dalam kelas. Atau ketika musim ujian sementara sampai dini hari aku masih harus terus shooting atau berada di luar kota, dna ketika airmata ini berderai-derai, namun kutepuk lenganku sendiri sambil mengucapkan, “Ayo Oki! Kamu bisa!”

Ya Allah… perjuangan itu… terlewati sudah… Alhamdulillah…

4, 5 tahun, yang sebenarnya bukan hanya memberikan aku sekedar tambahan huruf berupa titel, namun lebih dari itu, lima tahun perjuangan itu telah mengantarkan aku hingga bisa seperti sekarang ini. Bukan cuma titel atau lembaran nilai-nilai IP, namun juga sahabat-sahabat yang hebat, yang telah mengajarkan aku makna sesungguhnya dari ‘maju terus pantang mundur’ sahabat-sahabatku, mereka semua yang ada di kampus. Mulai dari dosen, teman sekelompok, teman organisasi, penjaga kantin, anak-anak penjual koran, pak satpam yang baik, bahkan sampai teman-teman di lokasi shooting, yang selalu menularkan semangat, yang menyadarkan aku bahwa ilmu itu bukan hanya ada di dalam kelas, namun dimanapun kita berada disitulah ilmu itu, hingga akhirnya aku memilih untuk banyak mengikuti kegiatan agar semakin bertambah juga ilmu itu, hingga akhirnya aku bisa menyelesaikan kuliahku ini.

Namun seperti yang disampaikan sahabat dalam pesan singkatnya, bahwa setiap akhir adalah awal permulaan yang baru. Maka itulah hakikat wisuda yang sebenarnya. Di balik wajah kebahagiaan para mahasiswa bertoga, sebenarnya kita masih memiliki tugas yang lebih besar dari pada sekedar tugas yang ada dikampus. Yaitu bagaimana menjadi manusia yang bermanfaat dengan bekal ilmu yang telah kita isi selama bertahun-tahun di kelas.

Fiufh.. jika membayangkan, tentu itu sungguh berat sekali. Terlebih melihat wajah para orang tua, yang penuh harapan terhadap anaknya yang telah menjadi sarjana, yang tak pernah letih melantunkan doa-doa untuk anaknya…

Ketika sudah mencapai puncak, capailah puncak yang lain. begitu kiranya nasihat orang bijak yang pas untukku saat ini. Meski wisuda itu adalah puncak dari perjuangan kita selama di kampus, namun ia bukanlah akhir. Lihatlah jauh kedepan, masih banyak puncak yang harus kita daki lagi. Janganlah takut untuk memulai dari Nol, melangkah dari awal untuk mendaki puncak yang lebih tinggi lagi.

Karena wisuda sesungguhnya bukan disini. Karena wisuda sesungguhnya bukan ketika kita mengenakan toga kemudian bersalaman dengan pak rektor menerima ijazah. Wisuda sesungguhnya itu adalah nanti, di akhirat sana. Ketika kita menerima buku amal dengan tangan kanan, ketika berhasil melewati panasnya padang mahsyar, ketika Allah telah membukakan pintu syurganya, dan kita dipersilahkan masuk selamanya.

Subhanallah… itulah wisuda yang sesungguhnya. Puncak dari semua puncak.

Insya Allah, kita termasuk didalamnya… amin…

*Selamat kepada teman-teman perjuangan di kampus UI, terutama teman-teman FIB sastra Belanda angkatan 2007 dan 2008. Juga selamat untuk sahabat terbaikku, yang menjadi adik-adikku iparku dalam film(hehe), Meyda Sefira dan Rahmi Nurulina yang telah meraih gelar sarjananya. Ayo kita lanjutkan untuk kuliah lagi…!!!!

OSD, February 2012


 
15 Comments

Posted by on February 29, 2012 in Inspiration, Motivation

 

15 responses to “Wisuda, adalah awal. Bukan akhir!

  1. ghita

    February 29, 2012 at 1:22 pm

    Aslm.
    Happy graduation yaa kakak..
    Doakan ghita cepat menyusul yaa🙂 semoga ilmu yg kita bawa bisa bermanfaat untuk diri, masyarakat, dan agama (⌒.⌒)

     
  2. Ryna

    March 1, 2012 at 8:38 am

    sukses selalu buat ka Oki.. ^_^

     
  3. khilda fauzia

    March 1, 2012 at 2:45 pm

    congratulation ka…semoga ilmu yg didapat menjadi berkah bagi kaka dan makhluk Allah lainnya…ada niat untuk melanjutkan pendidikan ke S2 kah ka???

     
  4. murni

    March 2, 2012 at 2:58 am

    Setuju…

     
  5. san

    March 3, 2012 at 12:32 pm

    Ukhti, kata orang S-2 di jerman juga bagus sekalian bikin film KCB versi baru disana.
    Lumayan, nanti nambah bahasa lagi.

    wassalam

     
  6. Oki Setiana Dewi

    March 5, 2012 at 4:15 am

    terimakasih teman-teman semua. semoga cepat menyusul dan mendapatkan hasil yang terbaik. InsyaAllah mau lanjut S2. doakan yah..^^

     
  7. warnie amalia (@nie_Amalia)

    March 6, 2012 at 5:32 am

    Yups, bener mba oki, wisuda adalah awal bukan akhir. setelah kita keluar dari kampus dgn titel sarjana, itulah permulaan apakah kita bisa diterima oleh masyarakat. apakah ilmu yg kita dapat bermanfaat untuk orang lain. setelah kita bisa bermanfaat untuk orang lain disitulah nilai keberhasilan kita, nilai kelulusan kita sesungguhnya. tapi yang perlu kita ingat, keberhasilan itu bukan ketika kita melempar TOGA ke atas sambil berteriak aku lulus akan tetapi ketika kita bisa bermanfaat bagi orang lain.
    congratulation buat Mba oki n teman2nya sekaligus adik iparnya mba Husna dan Mba lia (KCB film) semoga ilmu yang didapat menjadi ladang amal buat mba oki n teman2.nya. doakan sy juga smga cepat wisuda, dan mengawali hidup serta membagikan ilmu kepada masyarakat. upps satu lagi, kangen dgn akting mba oki. kapan yaaaaa mba oki main film or sinetron yg bernuansa Pendidikan tapi tak lepas dri nilai religi. jadi pengajar gituuu.

     
  8. Beck

    March 7, 2012 at 9:33 am

    Salam.
    Selamat ya buat mbak Oki, telah menyandang titel sarjana, sebuah kebanggaan serta tanggung jawab akan datang bersamaan, pengetahuan2 yang telah dimiliki merupakan amanah untuk kemanfaatan buat diri dan masyarakat, dan itulah hakekat pengetahuan sejati. sekali lagi selamat buat mbak Oki
    salam.

     
  9. Kak Mahh

    March 11, 2012 at 2:08 pm

    Salam Perkenalan Oki…
    Assalamualaikum…moga kita bakal bertemu,jika ditakdirkan..

     
  10. Renni octavyan

    March 15, 2012 at 3:59 am

    assalamu’alaikum..
    happy gruadiation kak,, ^^,, smoga title nya berkah.. dan sy cepet menyusul

     
  11. Intan Adilah

    March 19, 2012 at 8:56 am

    wahhh.. selamat ya kak oki kuuu.. skrng udh jadi sarjana.. do’akan intan semoga cepet menyusul hhehe (yang sebenrnya masih mebutuhkan waktu panjang karena masih SMP hihihi)😀

     
  12. Selimutsura

    March 20, 2012 at 3:14 am

    Terus Sukses Dunia Akhirat! alhamdulillah byk manfaat yang tersingkap dari penulisan OSD lorekan hidup yang memberi arti =) moga2 nya kami juga penulis muda bisa capai bagaimana seperti mbak amin Ya Rabb..

     
  13. zuraini B,PKn(10009085) universitas ahmad dahlan yogyakarta

    May 5, 2012 at 3:42 am

    semoga ilmu yang didapatkan selama menimbah ilmu di bangku kuliah bermanfaat,dan mendapatkan keridhoa Allah swt. amiinnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

     
  14. muhammad zulkifli

    June 18, 2012 at 4:36 pm

    Assalamualikum selamat ya kak semoga kedepanya kaka lebih sukses lagi
    “kak oky selalu menjadi inspirasi saya terima ksih kak””

     
  15. MUTAQIEN

    July 1, 2012 at 8:23 am

    blognya banyak ya hebat wokwokwokwo

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: